Home / Luwu Timur

Senin, 8 November 2021 - 17:16 WIB

Rokok Ilegal Senilai 1 M Lebih Di Bakar Beacukai Malili

  Dibaca Sebanyak : 139 Orang

 

Sewerigading News- Rokok Ilegal beserta Miras, senilai 1 M kebih dimusnahkan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Malili Kabupaten Luwu Timur .

Barang tersebut hasil sitaan Beacukai Malili setelah melakukan oprasi di sejumlah Kabupaten yang masuk dalam wilayah kerja Beacukai malili.

Pemusnahan ini berlangsung di halaman Kantor Beacukai Malili dilakukan bersama Bupati Lutim, Kajari Lutim, Ketua PN Malili, Polres Lutim dan Satpol PP Lutim. Senin (08/11/2021 ) .

Menurut Kepala Kantor KPPBC Malili ,Firman Bunyamin , pada 2021 telah disita dan dimusnahkan Satu Juta lebih batang rokok dengan berbagi merek dan 10 botol minuman beralkohol .

‘ Jika ditotal nilai barang yang dimusnahkan sebanyak Satu Miliar Dua Ratus Tiga Puluh Tujuh Juta Rupiah dan Negara dirugikan sebanyak Delapan Ratus Sepuluh Juta Rupiah lebih . Ini hasil penindakan triwulan ke IV tahun 2020 sampai Oktober 2021 ” Ujar Firman .

Dijelaskannya, barang ilegal ini disita setelah petugas Bea Cukai Malili melakukan operasi di Kabupaten Tana Toraja , Kabupaten Luwu , Kota Palopo ,Luwu Utara dan Luwu Timur.

Dalam operasinya Beacukai berkolaborasi dengan aparat TNI ,Polres , dan Satpol PP yang berada di sejumlah Kabupaten / Kota yang masuk wilayah kerja Beacukai Malili .

Selama 2021 , Bea Cukai Malili juga telah melakukan satu kali penyidikan di bidang cukai atas penyeludupan rokok ilegal sebanyak 24 dos dengan total 96 000 batang rokok tanpa dilekati Vita cukai . Melalui perusahaan jasa titipan dan telah dilakukan pelimpahan perkara tindak pidana cukai kepada Kejaksaan Negeri Palo .

Tujuan akhir dari penindakan dan pemusnahan barang ilegal tanpa cukai ini untuk menimbulkan efek jera bagi pelanggar cukai serta mengurangi peredaran barang ilegal .

Dalam kesempatan yang sama , Bupati Luwu Timur, Budiman mengatakan Pemusnahan Barang Bukti yang dilakukan petugas Bea Cukai Malili adalah satu langkah yang bisa mengedukasi masyarakat dan meredam peredaran batang – barang ilegal yang merugikan negara.

” Saya selaku Bupati Luwu Timur mengucapkan terimakasih atas segala upaya Bea Cukai Malili yang terus bersinergi dengan pemerintah daerah, saat melakukan sidak dan pemeriksaan peredaran barang ilegal. Tentu kolaborasi ini tetap kita jaga terus , saya juga terimakasih kepada unsur Forkopimda yang juga hadir di acara ini sehingga daerah ini bukan hanya bupati yang memikirkannya tapi kita bersama -sama juga punya andil untuk memikirkan kemajuan daerah ini. ” Ungkap Budiman.

Budiman juga menyampaikan rasa prihatin karena sekarang orang jika ingin ke Luwu Timur lewat jalur darat baru bisa sampai 24 jam ke Luwu Timur. Akibat rusaknya jembatan di Batas Kota Palopo dan Kabupaten Luwu. Kita berdoa semoga kondisi ini cepat berlalu sehingga arus transportasi ke Luwu Timur busa berjalan lancar.

” Kita juga sudah berdiskusi dengan unsur Forkopimda terkait memaksimalkan peran pelabuhan Waru -Waru agar suplai barang dan jasa tidak terkendala masuk ke Luwu Timur. Terima kasih saran dan idenya pak, ini akan jadi bahan saya untuk menyampaikan ke Pusat. ” Ujar Budiman.

Terkait kegiatan pemusnahan barang ilegal ini, Budiman yakin ini akan menimbulkan efek yang baik buat masyarakat sehingga tidak ada lagi barang – barang ilegal yang perjual belikan ditengah masyarakat.

” Buat rekan -rekan media saya juga terimakasih telah hadir untuk mempublikasikan kegiatan pemusnahan barang ilegal ini sehingga dengan adanya pemberitaan yang baik ini bisa di baca secara luas oleh masyarakat. Dan masyarakat manjadi paham sehingga tidak mau terlibat dengan bisnis barang ilegal. ” Tutup Budiman. (Sawerigading News /***)

Share :

Baca Juga

Luwu Timur

Ketua KPU Luwu Timu Berkunjung Ke RS I Laga Ligo, Ini Tujuannya :

Luwu Timur

Pemkab Lutim Siapkan Dana 1,5 M Untuk Rampungkan Masjid Agung Malili

Luwu Timur

Pengurus SAR Sorowako Periode 2020 – 2022 Resmi Dikukuhkan

DPRD Luwu Timur

Najamuddin Terima Aspirasi Buruh Soal Penolakan RUU Cipta Lapangan Kerja

Luwu Timur

WIZ Terima Hibah Kendaraan Operasional dari Pemkab Luwu Timur

Luwu Timur

Bupati Luwu Timur Letakkan Batu Pertama Pembangunan Kantor Koramil 1403-15/Malili

Luwu Timur

Pemdes Lampenai Lakukan Penebangan Pohon Untuk Mengantisipasi Bencana

DPRD Luwu Timur

Dokumen Perubahan APBD 2021 Sudah Di Tanda Tangani Bupati dan DPRD Luwu Timur