Home / Luwu Timur / Polres Luwu Timur

Jumat, 17 September 2021 - 19:36 WIB

Polres Lutim Amankan 6 Tersangka Pelaku Pengambilan Paksa Jenazah Yang Sudah Positif Corona

  Dibaca Sebanyak : 249 Orang

Sawerigasing News . Luwu Timur -Enam Terduga Pelaku Pengambilan paksa jenazah yang terkonfirmasi Covid -19 di Desa Balambano Kec. Wasuponda kini ditahan di Polres Luwu Timur . Mereka harus di proses secara hukum karena juga merusak mobil jenazah yang merupakan aset daerah.

Kapolres Luwu Timur ,AKBP Silvester, saat konferensi Pers dengan sejumlah media di Mapores Luwu Timur, Jumat (17/09/2021 ) menjelaskan enam pelaku ini diduga menjadi provokator sehingga warga terpengaruh hingga mengambil paksa jenazah almarhum Surianti yang berada di dalam mobil jenazah.

Enam orang pelaku tersebut adalah, Yolanda ( 22 ) , Zulfikar ( 20 ) , Sophian ( 31 ) , Andriawan ( 27 ) , Muh.Candra (21 ) , dan Aditya ( 23 ) . Semua warga desa Balambano.

Kronoligis kejadia diterangkan Kapolres , pada hari Senin ( 13 / 9 / 2021 ) sekitar jam 11.00 Wita , bertempat di Desa Balambano , telah terjadi pengambilan Jenazah yang sudah terkonfirmasi Covid -19 secara paksa .

Ketika mobil jenazah sudah tiba di rumah duka , saat itu pelaku mengamuk dengan mengatakan almarhum meninggal bukan karena Covid -19 . Juga mengatakan hasil pemeriksaan dokter tersebut tidak benar .

Mereka lalu berupaya untuk mengeluarkan jenazah tersebut dari dalam mobil , namun aksi tersebut sempat dilarang aparat kepolisian .

Pencegahan tersebut malah membuat para pelaku makin bringas , sehingga nekat memecahkan kaca mobil sampai pecah dan membongkar pintu belakang mobil secara paksa mengakibatkan pintu mobil rusak tak bisa difungsikan lagi .

Setelah berada di dalam mobil , mereka membuka peti jenazah yang sudah di paku , dan mengeluarkan jenazahnya . Selanjutnya peti jenazah dibuang kesungai

Atas perbuatannya para pelaku dijerat pasal berlapis , yakni Pasal 14 Sub Pasal 15 UU No 1 Tahun 1946 , Tentang Peraturan Hukum Pidana , ancaman Hukuman Penjara setinggi-tingginya 10 Tahun Penjara .

Pasal 170 Ayat 1 KUHAPIDANA , Ancaman Hukuman Paling Lama 5 Tahun 6 Bulan Penjara , Pasal 14 UU No 4 Tahun 1984 tentang Wabah Penyakit Menular dengan Ancaman Pidana Penjara Selama-lamanya 1 Tahun dan Denda 1 Juta Rupiah .

Terakhir Pasal 55 Ayat (1 ) Ke ( 1 ) KUHPidana yang berbunyi Mereka yang melakukan yang menyuruh melakukan dan yang turut serta melakukan Perbuatan .

Konfrensi Pers ini dihadiri juga Satgas Covid -19 Kabupaten Luwu Timur , diantaranya Rosmini Pandin Kadis Kesehatan , dr Benny Direktur RSUD Ilagaligo , Muh.Zabur Kepala BPBD Luwu Timur dan TNI . ( Sawerigading News /*** )

 

Share :

Baca Juga

Luwu Timur

Bupati Budiman Lantik Empat Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama

Luwu Timur

Kades Sorowako Bangga Diundang Upacara di Istana Negara

Luwu Timur

Kadis Kominfo dan Kadis Kesehatan Lutim Jadi Narasumber Webinar KPCPEN

Luwu Timur

Pemkab Lutim Bentuk Tim Koordinasi Pengawas Obat dan Makanan 2021

Luwu Timur

Wabup Irwan Pimpin Rapat Evaluasi Program PKPM

COVID-19

New Normal, Pengadilan Negeri Malili Tetap Terapkan Protap Kesehatan

Luwu Timur

Dishub Gelar Seminar Pendahuluan RIB Bandar Udara Lutim

BAWASLU

Komisioner dan Staf Bawaslu Luwu Timur Lakukan Tes Urine