Home / Luwu Timur

Jumat, 10 September 2021 - 23:10 WIB

Program 1 Miliar Satu Desa Tahun Depan Direalisasikan , Ranperda BPD Di Eskpose

  Dibaca Sebanyak : 214 Orang

Sawerigading News ,Luwu Timur – Menjelang direalisasikan program 1 Miliar Satu Desa , BPD se Luwu Timur berbenah diri , selain menyusun Ranperda tentang BPD mereka juga melakukan penguatan kelembagaan . Ini dilakukan agar BPD nantinya bisa menjadi mitra selaras kepala desa dalam mewujudkan pemerintahan yang kuat di desa .

Demikian kata Salam Amrulah saat memberikan pembekalan di Forum BPD Kabupaten Luwu Timur terkait Ekspose Rancangan Perda Tentang BPD yang berlangsung di kantin PKK Luwu Timur . Kamis (09/9/2021 ) .

Menurut Salam Amrulah , BPD harus berperan aktif menjadi mitra kepala desa dalam melaksanakan pemerintahan di desa . Ranperda BPD dirancang agar peran anggota BPD di setiap desa lebih kuat dan memiliki payung hukum dalam melaksanakan tugasnya .

Sesuai Visi Misi Bupati Luwu Timur , program 1 Miliar satu desa akan dilaksanakan pada 2022 . Tentunya setiap desa di Luwu Timur akan mengelola anggaran yang cukup besar . Karena selain program 1 Miliar perdesa ada lagi anggaran desa lainnya yang masuk kedesa . ” Kalau diperkirakan setiap desa nantinya di Lutim akan mengelola anggaran 2 sampai 3 M . Ini butuh pengawasan dan perumusan kebijakan yang tepat , disitulah BPD harus berkontribusi . ” Ujar Salam .
.

Menurut Salam BPD adalah refresentasi dari masyarakat di desa dan menjadi mitra bagi kepala desa dalam menyelenggarakan pemerintahan di desa . Olehnya itu BPD harus melakukan penguatan skelembagaan dan peningkatan kafasitas .

BPD memliki fungsi legislasi, pengawasan serta perwakilan yang didasarkan dari amanat UU No 6/2014 tentang Desa .
Harapan kedepan kata Salam , tentu BPD sudah seharusnya berkonstribusi lebih aktif lagi menjadikan Pemerintahan Desa yang kuat serta menghasilkan kebijakan yang tepat sasaran .

Lanjut Salam , BPD bersama Kepala Desa harus menjalin hubungan yang harmonis , bersama kepala desa mereka harus bisa merumuskan kebijakan yang bersifat mandatori selaras dengan visi misi Bupati Lutim . Sehingga kebijakan yang dilahirkan benar -benar bermanfaat , dan tepat sasaran .

Ia juga menyampaikan keberadaan BPD di desa bukan untuk menjadi lembaga oposisi di desa , karena banyak kasus BPD dan Kepala Desa tidak sejalan dalam melaksanakan pemerintahan di desa . Akibatnya pemerintahan di desa tidak berjalan normal .


Semoga Ranperda tentang BPD ini bisa menjadi Perda sehingga BPD memiliki payung hukum dalam menjalankan fungsinya dan semoga Luwu Timur kedepan makin maju dan berkelanjutan. ” Ungkap Salam .

Hadir dalam ekspose Rancangan Perda tentang BPD ini Staf Ahli Hukum dan Pemerintahan Dr. April, Sekertaris Dinas Erwin, Kepala Bidang Kelembagaan DPMD Luwu Timur serta Forum Badan Permusyawaratan Desa Kabupaten Luwu Timur. ( Sawerigading News /***)

Share :

Baca Juga

Luwu Timur

Bupati Inisiatif Jadikan Pasar Niaga Malili sebagai Pasar Hobi

DPRD Luwu Timur

Pjs Bupati Luwu Timur Serahkan RAPBD TA 2021 ke DPRD

Luwu Timur

DWP Lutim Ikuti Webinar bertajuk “Berkebun di Era New Normal Covid-19 untuk Ketahanan Pangan Keluarga”

Luwu Timur

Perpustakaan Desa Puncak Indah Lutim Wakili Sulsel Ke Tingkat Nasional

Luwu Timur

Wakil Bupati Lutim Lepas Peserta Karnaval Budaya

COVID-19

KPCPEN Gelar Webinar Bertema Manfaat PEN Bagi UMKM di masa Pandemi Covid19

Luwu Timur

Warga Desa Tampinna Dibimbing Anggota DPRD Lutim Cara Buat Kelompok Tani

Luwu Timur

Pemdes Rante Mario Kembali Salurkan BLT DD ke 41 KK