Home / Luwu Timur

Sabtu, 24 Juli 2021 - 20:56 WIB

Kampanye Kelestarian Alam Bawah Laut, Bupati Lutim Lakukan Transpalantasi Terumbu Karang di Kedalaman 15 Meter

  Dibaca Sebanyak : 359 Orang

Sawerigading-news.com, Luwu Timur – Bupati Luwu Timur Budiman melakukan transpalantasi Terumbu Karang di Tanjung Parasulu Lampia. Rehabilitasi terumbu karang dikedalam sekitar 15 meter ini bahagian dari kampanye mengajak warga untuk menjaga kelestarian terumbu karang di perairan Luwu Timur.”Kita berupaya melakukan kebaikan di laut , sebagai warisan untuk generasi yang akan datang , dengan menjaga dan melestarikan terumbu karang kita telah menjaga ekosistem laut. Sehingga nantinya masyarakat bisa hidup dengan sejahtera dan keseimbangan alam tetap terjaga.” Ujar Budiman usai melepas media transpalantasi terumbu karang.  Sabtu (24/07/2021).

Pelepasan media transpalantasi terumbu karang ini Bupati Luwu Timur di dampingi oleh Angkatan Laut Serma Yosep, Sekda Luwu Timur, Bahri Suli, sejumlah Kepala SKPD, Camat Malili, Batara Rescue, Sorowako Diving Club, Mori Diving Club dan warga pesisir Lampia .

Bupati Luwu Timur juga berterima kasih pada sejumlah komunitas yang bergerak sebagai komunitas penjaga terumbu karang , ia berharap semoga kegiatan tersebut bisa menginpirasi orang lain di Luwu Timur untuk ikut menjaga kelestarian terumbu karang di Luwu Timur.

Untuk menjaga kelestarian terumbu karang ini, Bupati Luwu Timur menghimbau kepada seluruh warga untuk tidak menangkap ikan menggunakan bom ikan dan menangkap ikan dengan cara menyetrum ikan. Karena hal tersebut merusak terumbu karang dan mahluk hidup yang ada di karang.

Kedepan nanti terumbu karang di Tanjung Parasulu akan menjadi spot wisata bawah air yang bisa menjadi satu rangkaian dengan obyek wisata pantai  Bulu Poloe. Olehnya itu spot -spot penyelaman ini tidak boleh rusak aktivitas nelayan.Informasi dari Serma Yosep, Di daerah Tanjung Parasulu, dia pernah melakukan penyelaman dikedalam sekitar 15 sampai 20 meter,  kondisi terumbu karang masih bagus, bunga karang terlihat tumbuh dengan baik, sehingga aneka biota laut hidup dan bekembang biak di sela-sela terumbu karang tersebut. Daerah ini selalu dijaga oleh angkatan laut dan komunitas terumbu karang Luwu Timur.

”Saya menilai Terumbu karang didaerah tersebut akan menjadi daya tarik wisata bawah laut Luwu Timur, olehnya kondisinya harus tetap terjaga.” Tutup Serma Yosep. (**)

Share :

Baca Juga

Luwu Timur

Pasca Renovasi, Husler Lakukan Sholat Jum’at Perdana di Masjid AT Taqwa Desa Solo

Luwu Timur

Dinas Sosial P3A Lutim Menggelar Advokasi Pembentukan UPTD PPA

Luwu Timur

Terkait Minimnya Alat Pertanian di Kecamatan Towuti, Usman Sadik Janji Carikan Solusi Terbaik

Luwu Timur

Pergi Melayat Pulang Jadi Mayat

Luwu Timur

Kapolres Pimpin Upacara Kenaikan Pangkat Pengabdian Anggota Polres Luwu Timur

Luwu Timur

DPC Gerindra Luwu Timur Kembali Memanaskan Mesin, Ini Yang Dibahas

Luwu Timur

Dishub Gelar Seminar Pendahuluan RIB Bandar Udara Lutim

Luwu Timur

Ini Upaya yang Dilakukan Oleh Dinas Pertanian Lutim dalam Menjaga Kestabilan Harga