Home / Luwu Timur

Kamis, 22 Juli 2021 - 21:21 WIB

Program Kerjasama Pemkab Lutim Dengan ATS Dinilai Berhasil, 90 Persen Jebolan Pelatihannya Sudah Bekerja

  Dibaca Sebanyak : 186 Orang

 

Sawerigading-news.com, Luwu Timur – Program pengembangan sumber daya manusia yang dilakukan Pemerintah Luwu Timur dengan Akademi Teknik Sorowako (ATS) patut diacungi jempol dan perlu ditingkatkan anggarannya sebab hasil evaluasi Dinas Transnakerin 90 persen putra putri Luwu Timur yang dilatih di ATS tersebut bisa mendapat pekerjaan dengan mudah.

”Hasil evaluasi kami peserta yang kita kirim selama ini untuk mengikuti pelatihan keterampilan di ATS hasilnya sangat baik , jebolan pelatihan tersebut 90 sampai 95 persen sudah bekerja, lebih dari separuh peserta yang pernah kita latih itu sudah bekerja di Luar Luwu Timur sisanya bekerja di Luwu Timur m.” Ungkap Aini Endis Anrika, Kadis Transnakerin saat memberikan laporannya di acara Pembukaan Pendidikan dan Latihan kerja sama Pemkab Lutim dengan ATS di Aula Kantor Camat Nuha. Dilansir dari Okeson.com, Kamis (22/07/2021).

Menurut Aini Endis Anrika, ditahun 2017 ada 66 peserta yang dilatih di ATS, dan sudah bekerja 95 persen, 2018 juga ada 66 peserta yang dilatih, dan kurang lebih 90 persen sudah bekerja, tahun 2019 ada 33 orang peserta dilatih dan 90 persen juga sudah bekerja. Artinya program ini berhasil dan perlu ditigkatkan baik jumlah pesertanya maupun anggarannya.

Pada tahun 2020 pelatihan ini ditiadakan, karena anggaran programnya di refocusing akibat covid -19. “Alhamdulillah tahun 2021 ini kita melakukan lagi program kerjasama ini hanya saja jumlah persertanya sisa 30 orang saja karena anggarannya di refocusing lagi,” tambahnya.

Sebenarnya, lanjut Kadis Transnakerin, program pelatihan ini di gagas oleh bupati kita Pak Budiman, saat dia menjabat sebagai Kadis Tenaga Kerja, sampai sekarang ini berjalan dan sudah memberikan manfaat buat Luwu Timur. Untuk itu kegiatan ini perlu dilanjutkan terus dan diharapkan dukungan dari DPRD agar anggarannya ditambah.

Sementara itu, Direktur Akademi Teknik Sorowako, Harjuma dalam acara yang sama mengatakan, dalam Pendidikan dan Latihan ini ada beberapa jurusan yang dikerjasamakan dengan Pemkab Lutim yaitu Pelatihan Keterampilan pengelasan pabrikasi logam, Pelatihan Keterampilan Teknik Otomotif Kendaraan Ringan, Pelatihan Keterampilan Komputer, Gambar dan Desain, Pelatihan Keterampilan Teknik Pemeliharaan. Kemudian ada juga Perbaikan Mesin dan Peralatan, Pelatihan Keterampilan Listrik Mekanik, Pelatihan keterampilan Teknik Masonry dan Carpenter.

”Setiap peserta ini akan menjalani pelatihan selama 3 bulan. Kami berupaya setiap peserta yang mengikuti pelatihan benar-benar menguasai bidang keterampilan yang mereka pilih sehingga ketika keluar mereka sudah memiliki keterampilan dan siap bekerja.” Ungkap Harjuma.

Bupati Luwu Timur Budiman Hakim sebelum membuka kegiatan pelatihan tersebut sempat berkelakar, karena program yang digagasnya sejak 2008 silam masih eksis berjalan hingga saat ini tapi anggaran pesertanya tidak naik – naik.

”Dari dulu sampai sekarang anggarannya tidak kena imflasi tetap Rp 6.000 000 untuk masing-masing perserta, mestinya naik mi.” Ujar Budiman sambil tertawa.

Lanjut Budiman, dulu saat menjadi kepala Dinas tenaga Kerja, pasca Program Pelatihan Industri ditutup, ia melihat ada peluang kerja sama dengan ATS lewat tridharma perguruan tinggi yakni pengabdian masyarakat. Setelah berdiskusi akhirnya jadilah program ini dikerja samakan dengan ATS. Waktu itu Pemkab Lutim berbagi anggaran dengan ATS, tidak murni APBD anggarannya ini setengah dari Pemda setengah dari ATS. ”Kedepan ini bisa kita dorong partisipasi dari Vale.” Ujar Budiman.

Kemudian ia menambahkan, tiga bulan dilatih di ATS ia menyarankan seluruh peserta benar-benar mengikutinya dengan baik agar bisa keluar sudah menjadi tenaga siap pakai.

“Kita bersyukur ada ATS, kedepan kita berharap ATS ini bisa bekembang menjadi Perguruan Tinggi yang vokasional dengan menambah lagi jurusannya. Supaya peluang anak-anak kita bisa masuk untuk kuliah di ATS lebih banyak lagi, karena saya tahu tinggi peminat orang untuk kuliah di ATS. Dan bagi peserta, anda hadir dan bisa mengikuti program ini berkat hasil jerih payah orang banyak yang sudah memikirkan sehingga anda ada disini. Hargai jerih payah mereka termasuk tenaga pembimbing dengan tidak bolos. Bersungguh – sungguhlah mengikuti pelatihan ini. kami tidak meminta ucapan terima kasih, yang kami harapkan anda keluar dari pelatihan ini dengan memiliki keterampilan khusus itu sudah membuat kami bangga.” Tutup Budiman . (/***)

Share :

Baca Juga

Luwu Timur

Persepsi Pemilih Belum Bergeser,10 kecamatan di Lutim Masih di Bawah Kendali Husler – Budiman

Luwu Timur

Baliho Pasangan Husler-Budiman Sepanjang 100 Meter di Bentangkan di Desa Puncak Indah Malili

Luwu Timur

Masyarakat Apresiasi Perbaikan Jalan Poros Penghubung Desa Mekar Sari dan Sumber Agung

Luwu Timur

Pemdes Rinjani Kembali Salurkan BLT-DD Tahap IV

Luwu Timur

Pengurus SAR Sorowako Periode 2020 – 2022 Resmi Dikukuhkan

Luwu Timur

Sudah Sepekan Lebih Air PDAM Tak Mengalir di Desa Manurung

Luwu Timur

Satlantas Polres Luwu Timur Bagikan Masker dan Handsanitizer Menjelang Hari Bhayangkara ke-74

Luwu Timur

Siswa dan Guru SMPN 3 Burau Luwu Timur Dilatih Buat Ecobrick