Home / Luwu Timur / Nasional

Kamis, 10 Juni 2021 - 21:34 WIB

Program Hibah Airminum Perkotaan 2021, Luwu Timur Kembali Mengajukan 1330 Calon Penerima Manfaat

  Dibaca Sebanyak : 148 Orang

Sawerigading-news.com, Luwu Timur – Program hibah Air Minum Perkotaan (AMK) APBN TA. 2021 kembali berjalan. Kabupaten Luwu Timur melalui PDAM Lutim mengusulkan 1.330 Kepala Keluarga (KK) untuk menjadi calon penerima manfaat.

Tersebar di 9 Kecamatan dari 11 Kecamatan yang ada di Kab.Luwu Timur meliputi Kecamatan Burau, Wotu, Tomoni, Mangkutana, Tomoni Timur, Angkona, Malili dan Kec. Wasuponda. Sedangkan sistem peyedia air minum (SPAM) di  2 Kecamatan  yakni, Kecamatan Nuha dan Towuti merupakan wilayah CSR PT.Vale

Direktur PDAM Luwu Timur, Syaifullah menjelaskan, ini keikutsertaan Kabupaten Luwu Timur yang ke empat kalinya. Dimana sebelumnya mulai dari 2018 – 2020 masing-masing SPPH 1500 SR,  4000 SR dan 4000 Sambubgan Rumah (SR) . Kini jumlah calon penerima manfaat di tahun 2021 berjumlah 1.330 KK. Jumlah tersebut berdasarkan Surat Penetapan Perjanjian Hibah (SPPH). Namun Kabupaten Kota yang mengikuti program ini juga diwajibkan menyertakan calon cadangan sebanyak 5 %.

Syaifullah mengungkapkan, cadangan dipersiapkan guna mengantikan calon penerima manfaat yang gugur. Disebabkan tidak memenuhi kriteria dari hasil verifikasi tim internal maupun konsultan. Jika diconversikan dari data usulan, calon cadangan berjumlah 64 KK. Sehingga total calon penerima yang dipersiapkan 1.394 KK.

“Berdasarkan hasil  survei baseline dari perwakilan konsultan didampingi PDAM. Data yang gugur verfikasi ada 366 Kepala Keluarga (KK). Salah satu penyebabnya  tidak sesuai persyaratan dari Kementrian, khusus di Kecamatan Malili debit air yang tidak mencukupi, seperti Desa Baruga, Balantang dan Desa Wewang Riu kami tidak bisa pertahankan sebab sesuai fakta dilapangan pelanggan yang ada saat ini sulit terpenuhi apalagi mau tambah pelanggan baru, khawati tidak fungsional dan masyarakat melapor akhirnya kami lagi yang di proses oleh pemeriksa, ”ungkap Syaifullah di Ruang Kerjanya, Kamis (10/06/2021).

” Kami mohon maaf untuk 366  calon pelanggan yang belum bisa kami akomidir saat ini agar bersabar menunggu, insya allah kita ajukan kembali setelah ada penambahan jaringan induk, baik dari PUPR Kabupaten, Provinsin dan Pusat karena kami sudah mengajukan permohonan penambahan jaringan tersebut.” Tutur Syaifullah.

Harapan selanjutnya semogah tahun-tahun berikutnya masih bisa mengusul untuk memanfaatkan Perda, Penyertaan Modal Pemda Lutim ke PDAM yang masih tersisa 30 milyar Lebih yang berlaku sampai 2024.
Namun terkendala pada kapasitas produksi IPA (Instalasi Penjernihan Air) yang sudah tidak memiliki Idle capacity (kapasitas Tersimpan) sehingga butuh kerjasama yang baik untuk mengawal usulan ke Kementrian karena butuh biaya yang besar untuk menghadirkan infrastruktur berupa unit produksi penjernihan air,” tutup Plt. Direktur PDAM Luwu Timur, Syaifullah.

(AsN)

Share :

Baca Juga

Luwu Timur

Bupati Luwu Timur Tekankan OPD Lakukan Pecepatan Pengelolaan DAK

Luwu Timur

Polres Luwu Timur Bubarkan Kegiatan Komunitas Motor Vespa

DPRD Luwu Timur

Malas Ngantor, BK DPRD Lutim Segera Surati Oknum Legislator

Luwu Timur

Total Pasien Covid19 Yang Sembuh Mencapai 2.024 Dari 2.208 Kasus Konfirmasi

Luwu Timur

Tim Penilai Lomba Sekolah Sehat Kunjungi TK Sorowako

Nasional

Presiden Jokowi Sampaikan Pidato pada Sidang Majelis Umum ke-75 PBB

Luwu Timur

Gandeng ATS, Pemkab.Lutim Berikan Pelatihan Bagi 33 Orang Tenaga Kerja Lokal

Luwu Timur

Pemkab Luwu Timur Fasilitasi Rumah Kontrak Untuk Sekretariat HAM-Lutim