Rumput Laut Lutim Potensial Untuk Dikembangkan

  Dibaca Sebanyak : 64 Orang

Sawerigading-News.Com-Luwu Timur,Kabupaten Luwu Timur (Lutim) bukan hanya memiliki potensi Tambang Nikel yang saat ini dikelola PT. Vale Indonesia Tbk, tetapi juga sangat potensial disektor kelautan dan perikanan .Dengan Panjang garis pantai kurang lebih  117,4 Km, potensi dan peluang investasi sektor kelautan dan perikanan di Kabupaten Luwu Timur sangat besar dan menjanjikan.Jenis Komoditi yang dapat dikembangkan merupakan komoditi ekspor dengan potensi produksi skala  besar. Kondisi  didukung dengan ketersediaan lahan produksi yang sangat luas dan layak serta dukungan sarana dan prasarana yangsangat memadai yang terdiri dari

Salah satu sektor yang bisa dikembangkan adalah budidaya rumput baik jenis Gracilaria maupun cottoni.Potensi rumput laut ini tersebar di 4 kecamatan yakni ; Burau, Wotu,Angkona dan Malili. Untuk Jenis Gracilaria luas areal budidaya mencapai 2.463 ha dengan produksi per tahun mencapai 150.892 ton. Sementara untuk jenis cottoni dengan luas areal 904 ha , mampu menghasilkan 147.820 ton per tahun.

Untuk menunjang produktivitas budidaya rumput laut ini Pemerintah Kabupaten Luwu Timur telah membangun pabrik tepung rumput laut berkapasitas 90 ton per bulan , yang bisa mengolah dan menghasilkan sebanyak 9 ton tepung rumput laut per bulan.

Dengan melihat besarnya areal budi daya rumput laut di Kabupaten Luwu Timur ini, bukan mustahil jika dikelola dengan baik akan mampu membangkitkan perekonomian masyarakat utamanya yang berada pesisir pantai.

Pemerintah Daerah Luwu Timur, tentunya menunggu dan berharap besar kepada para investor rumput laut untuk berinvestasi mengembangkan komoditi andalan Luwu Timur ini . (ASN)

Berikut Data statistic Potensi Rumput Laut di Luwu Timur :

A.Jenis Gracilaria

-Potensi Luas Areal Tambak  13832,52  (Ha)

-Rumput laut 2463 Ha

-Produksi Tahun 2020 150.892 Ton

B.Jenis Cottoni

-Luas lahan Produktif 904 ( Ha)

-Produksi Tahun 2020 = 147.820 Ton

 

Sumber : Dinas Kelautan, Perikanan dan Pangan

Share :

Baca Juga

Dinas Kelautan Perikanan dan Pangan Lutim

Dapat Bantuan Perahu Motor, Nelayan di Tomba Manurung Berterima Kasih ke Husler

Dinas Kelautan Perikanan dan Pangan Lutim

Dinas Kelautan Lutim Kembali Menyerakhan Bantuan Mesin Kepada Kelompok Nelayan di Desa Watangpanua

Dinas Kelautan Perikanan dan Pangan Lutim

DKP Luwu Timur Optimis Program KP 1 Terealisasi