Home / Luwu Timur / Nasional

Senin, 3 Mei 2021 - 21:02 WIB

Dirgahayu 18 Tahun Lutim, Angka Kemiskinan Turun IPM Naik

  Dibaca Sebanyak : 182 Orang

Sawerigading-news.com, Luwu Timur – Hari ini, Senin 03 Mei 2021 Kabupaten Luwu Timur Bumi Batara Guru genap berusia 18 Tahun. Dalam kurun waktu delapan belas tahun usianya ini, tentu banyak kemajuan yang telah dicapai oleh Daerah penghasil Nikel ini. Begitu juga dengan prestasi, penghargaan serta kebijakan pemerintah daerah sejak awal daerah ini dibentuk sampai hari ini banyak yang yang telah dilakukan dengan tujuan utamanya bermuara pada peningkatan kesejahteraan rakyat.

Beberapa skala prioritas yang diimplemantasikan baik dibidang Pendidikan, Kesehatan, Pertanian dalam arti luas serta pembangunan Infrastruktur selalu dilakukan secara berkesinambungan oleh pemerintah daerah dalam hal ini Bupati sejak era Opu Andi Hatta Marakarma, Alm. HM.Thorig Husler hingga saat ini dibawah komando H. Budiman yang baru mengawali pemerintahannya.

Namun ada hal yang menarik dan cukup menarik untuk dibahas yakni masalah kemiskinan. Kemiskinan diartikan sebagai kondisi dimana seseorang atau sekelompok orang tidak mampu memenuhi hak-hak dasarnya untuk mempertahankan dan mengembangkan kehidupan yang lebih baik.

Adapun Hak-hak dasar dimaksud antara lain ; terpenuhinya kebutuhan pangan, kesehatan, pendidikan, pekerjaan, perumahan, air bersih, pertanahan, sumberdaya alam dan lingkungan hidup, rasa aman dari perlakuan atau ancaman tindak kekerasan dan hak untuk berpartisipasi dalam kehidupan sosial-politik

Dari data yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik Kabupaten Luwu Timur Tahun 2020 , jumlah penduduk miskin di Kabupaten Luwu Timur Maret 2020 sebesar 20,82 ribu jiwa atau 6,85 persen dari total penduduk. Angka ini tentu saja mengalami penurunan sebesar 0,13 persen poin atau sebesar 0,01 ribu jiwa jika dibandingkan kondisi Maret 2019 dengan persentase kemiskinan pada tahun tersebut sebesar 6,98 persen.

Indeks Pembangunan Manusia Naik

Berbeda dengan persentase kemiskinan yang mengalami penurunan, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) justeru mengalami kenaikan siginifikan. IPM  adalah suatu proses untuk memperbanyak pilihan-pilihan yang dimiliki oleh manusia. Diantara banyak pilihan tersebut, pilihan yang terpenting adalah untuk berumur panjang dan sehat, untuk berilmu pengetahuan, dan untuk mempunyai akses terhadap sumber daya yang dibutuhkan agar dapat hidup secara layak.

Indeks pembangunan manusia adalah indeks komposit dari tiga indikator, yaitu ; lama hidup yang diukur dengan angka harapan hidup atau rata-rata perkiraan banyak tahun seseorang hidup, Tingkat Pendidikan yang diukur berdasarkan rata-rata lama sekolah dan harapan lama sekolah, dan standar hidup yang diukur dengan rata-rata pengeluaran per kapita. IPM juga merupakan indikator penting untuk mengukur keberhasilan pembangunan kualitas hidup manusia.

BPS sendiri mengelompokkan status pembangunan berdasarkan IPM menjadi 4 kelompok dengn kriteria ; Sangat tinggi, tinggi, sedang dan rendah.

Dari data yang dirilis BPS Luwu Timur, Untuk tahun 2020 lalu IPM Kabupaten Luwu Timur berada di posisi nomor 4 dari 24 Kabupaten/kota di Sulawesi Selatan dengan angka 73,22 %  atau di berada level tinggi, bahkan jauh diatas IPM Sulawesi Selatan yang hanya di angka 71,93 %

Jika melihat data yang dirilis BPS, ternyata IPM Luwu Timur terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun dimana dari Tahun 2016 (70,95%) Tahun 2017 (71,46%), Tahun 2018 (72,16 %), Tahun 2019 (72,80%) dan Tahun 2020 (73,22%). (AsN)

Share :

Baca Juga

Luwu Timur

Lima Warga Sorowako Dilaporkan Hilang di Hutan Saluro Perbatasan Sulsel Dan Sulteng

KPU

KPU Lutim Gelar Pleno Penutupan Pendaftaran Bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati

Luwu Timur

Pemkab Lutim Bakal Kembali Salurkan Beasiswa untuk 5000 Mahasiswa

Luwu Timur

Peduli Covid 19, To Taipa dan KKTB Siap salurkan Bantuan di Lutim

Luwu Timur

Bapelitbangda Gelar Rapat Konsultasi Publik Terkait RKPD 2022

Luwu Timur

Luwu Timur Terima Penghargaan Pinisi Sultan Award 2021

Luwu Timur

Bupati Lutim Pimpin Rakor Terkait Stok Pangan Selama Ramadhan

Luwu Timur

Warga Bantilang Segera Nikmati Listrik 24 Jam