Home / Luwu Timur / Politik

Jumat, 4 Desember 2020 - 07:06 WIB

Sesepuh Lembaga Adat Pamona Luwu Berpesan Kepada Semua Warga GKST dan Warga Suku Pamona yang ada di Lutim Agar Coblos Nomor 1, MTH-Budiman

  Dibaca Sebanyak : 988 Orang

Sawerigading-news.com, Luwu Timur – Sesepuh Lembaga adat Pamona Luwu yang juga seorang pendeta senior Gereja Kristen Sulawesi tengah (GKST), Pdt.LMAB Meringgi,M.Th menitipkan harapan kepada calon Bupati dan wakil Bupati Luwu timur nomor urut 1, Ir. H. Muhammad Thorig Husler – H. Budiman untuk tetap memperhatikan warga GKST yang ada di Kabupaten Luwu Timur dalam porsi pemerataan pembangunan dan pelibatan dalam proses pengambilan keputusan jika mereka terpilih.
Harapan ini disampaikan mantan anggota Majelis Sinode GKST ini di kantor Sinode GKST tentena, Sulteng, Rabu (02/12/2020) lalu.

Menurutnya, populasi warga GKST di Luwu Timur cukup besar dan memiliki posisi strategis dan memiliki pengaruh besar terhadap kemenangan pasangan MTH-Budiman dalam kontestasi Pilkada Lutim mengingat mayoritas warga GKST mendukung mereka.

” Sebagai putra daerah Luwu timur, meskipun saya berdomisili di Tentena, tapi saya tetap mencermati proses politik di Luwu Timur, utamanya bagaimana kepercayaan warga GKST kepada pasangan Husler – Budiman untuk memimpin Luwu Timur kedepan , sehingga tidaklah berlebihan jika saya menaruh harapan besar kepada mereka berdua untuk memperhatikan warga GKST di Lutim” tutur Meringgi.

Lalu bagaimana dengan sosok Husler-Budiman di mata mantan sekretaris umum majelis adat lemba Pamona Luwu 1993-2004 ini ? Ia mengungkapkan Husler – Budiman adalah pasangan yang ideal. Pak Husler adalah petahana yang sudah paham betul Perkembangan dan keadaan Luwu Timur yang sangat majemuk sementara pak Budiman adalah seorang birokrat murni yang kaya pengalaman sehingga paham betul dengan persoalan Luwu Timur sehingga dalam membangun daerah nantinya mereka bisa bersinergi karena masing-masing sudah tahu apa yang akan dikerjakan dan bagaimana menyelesaikan jika ada masalah.

Olehnya dia berharap jika pasangan ini terpilih nantinya akan memperhatikan keberadaan warga GKST di Luwu timur dan mengikutsertakan warga GKST dalam memberikan kontribusi untuk membangun Luwu timur baik pelibatan secara organisasi gereja maupun secara personal di birokrasi pemerintahan.

“ Sebagai representasi warga GKST di Sulawesi Selatan khususnya Luwu Timur, tentunya saya berharap agar tentunya Ketika Husler-Budiman terpilih sebagai Bupati dan wakil Bupati Lutim pada 09 Desember nanti,mereka berdua tetap akan memperhatikan GKST “ tutur mantan anggota majelis Sinode GKST ini.

Sementara terkait keberadaannya selaku sesepuh Lembaga adat Pamona Luwu, putra asli Luwu timur ini berharap kedepan Pemkab Lutim dapat membangun pusat kebudayaan pamona berupa sebuah bangunan adat yang dapat dijadikan pusat kegiatan adat dan kesenian, sekaligus sebagai identitas suku pamona yang ada di Luwu Timur.

Oleh karena itu, pendeta yang konsen dalam pengkajian kelembagaan adat Pamona ini berpesan kepada semua warga GKST dan warga suku Pamona yang ada di Luwu Timur agar jangan salah pilih pada 9 desember nanti, pastikan coblos nomor 1, MTH-Budiman.(*/AsN)

Share :

Baca Juga

COVID-19

Hari Ini Total Pasien Sembuh 811 Orang, 7 Kasus Baru

COVID-19

Di Lutim Total Pasien Sembuh Sebanyak 1.019 dan 26 Kasus Baru Hari Ini

Luwu Timur

Gelombang Massa Pendukung Husler – Budiman Gelorakan Kemenangan di Wasuponda

HUKRIM

Miliki Narkoba Jenis Tembakau Gorila Seberat 28 Gram, Pemuda Asal Sorowako di Tangkap Polisi

Luwu Timur

Makna Kemerdekaan RI ke-75 Di Mata Ketua DPRD Luwu Timur

Luwu Timur

Putri cantik asal Luwu Timur terpilih menjadi Putri Kopi

Luwu Timur

Baliho Pasangan Husler-Budiman Sepanjang 100 Meter di Bentangkan di Desa Puncak Indah Malili

Luwu Timur

Sosial Kemanusiaan, PT KIMA Kirim Logistik dan Relawan ke Lutra