Home / BAZNAS

Jumat, 17 April 2020 - 19:23 WIB

Mau Membentuk Panitia Pengumpul Zakat? Begini Menurut Baznas Luwu Timur

  Dibaca Sebanyak : 605 Orang

Luwu Timur, SN.Com – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kab. Luwu Timur terus bergerak mensosialisasikan kepada seluruh lapisan masyarakat tentang regulasi pengumpulan dan pendistribusian zakat. Salah satu tradisi yang dilakukan oleh masyarakat di dalam Bulan Ramadhan adalah membentuk pantiai pengumpul zakat fitrah di mesjid-mesjid dan dikampung-kampung.

Tradisi ini telah berjalan lama dan mengakar kuat di kalangan masyarakat. Namun tradisi ini perlu untuk dilindungi agar kepercayaan masyarakat kepada panitia pengumpul zakat tetap terjaga melalui aktivitas yang transparan dan bertanggungjawab.

Selain itu, negara hadir untuk melengkapi tradisi ini dengan memberikan payung hukum kepada masyarakat, salah satunya dengan mengarahkan masyarakat membentuk Unit Pengumpul Zakat (UPZ).

UPZ adalah unit pengumpulan zakat yang resmi dimata hukum menurut Undang-Undang Pengelolaan Zakat No.23 Tahun 2011.
“Kami mendorong kepada seluruh lapisan masyarakat untuk segera membentuk UPZ di mesjid-mesjid dan kampung-kampungnya, agar aktivitas pengumpulan zakat di bulan ramadhan tercatat dan resmi dimata hukum. Kami ingin melindungi masyarakat dari jeratan hukum seandainya tidak resmi dan tercatat dengan baik” ujar H. Hamka, Wakil Ketua I BAZNAS Kab. Luwu Timur(17/04/2020).

H. Hamka juga menjelaskan bahwa mengurus persyaratan untuk membentuk UPZ sangatlah mudah dan tidak memerlukan proses yang panjang. BAZNAS Luwu Timur siap mendampingi masyarakat yang ingin membentuk UPZ, baik secara online ataupun datang langsung ke kantor BAZNAS.

Menjelang datangnya Bulan Suci Ramadhan 1441 H ini, H. Hamka berharap masyarakat semakin terdorong untuk bahu membahu membantu masyarakat yang terdampak akibat pandemi Covid-19 ini dengan cara menyegerakan membayar zakat harta dan infaqnya, juga mempercepat pembayaran zakat fitrahnya diawal-awal Ramadhan. “Hal ini sesuai dengan himbauan Wakil Presiden RI untuk menyegerakan zakat hartanya dan zakat fitrahnya diawal Ramadhan, supaya segera dapat didistribusikan kepada masyarakat muslim yang terdampak di Luwu Timur”. kata H. Hamka. (*/asn)

Share :

Baca Juga

BAZNAS

Senyuman dan Doa Untuk Muzakki yang Telah Berzakat ke BAZNAS Dari Bapak Ustd. Abdullah Dacosta

BAZNAS

Puduli Ibu Salmia yang Membutuhkan Kursi Roda

BAZNAS

Peringati Tahun Baru Islam 1442 H, Baznas Bersama Bupati Santuni Anak Yatim

BAZNAS

Untuk Kebangkitan Zakat di Luwu Timur BAZNAS Kembali Lakukan Sosialisasi Di Desa Sorowako Sekaligus Penyaluran Paket  Santunan.

BAZNAS

Sebagai Bentuk Pembinaan Mustahik Pengusaha, BAZNAS Melakukan Monitoring & Pengajian Bulanan

BAZNAS

Memaksimalkan Potensi Zakat Maal, BAZNAS Luwu Timur Sosialisasi Zakat di Desa Masiku

BAZNAS

Uluran Tangan Anda Meringankan Beban Bapak Parkon

BAZNAS

Kunjungan Tim Audit Syariah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulsel ke BAZNAS Kab. Luwu Timur